Friday, March 31, 2017

Indonesia Melawan Hoax

I. Tema :
~ Walisongo Agen/utusan khilafah Ottoman Adalah Sejarah Hoax
~ Banyak tulisan bertebaran mendiskripsikan bahwa Walisongo adalah utusan Kekhalifahan Ottoman, dibentuk oleh Sultan Mehmed I, berdasarkan Tulisan ibnu Batutah di kitabnya yang bernama Kanzul Hum yang tersimpan di museum istanbul Turki. tulisan sedemikian akhirnya memberikan kesimpulan bahwa Walisongo bekerja untuk khilafah dan islam di indonesia sampai kapanpun "berhutang" pada Khilafah.
diantara tulisan-tulisan yang bertebaran yang memberitakan "sejarah palsu" tersebut bisa ditemukan di link ini :
1. http://www.suaragresik.com/…/walisongo-dikirim-oleh-sultan-…
2. http://www.101dunia.com/…/kini-terungkap-bahwa-walisongo-ad…
3. https://dinarfirst.org/nusantara-walisongo-dan-kesultanan-…/
4. https://m.arrahmah.com/2015/06/24/sejarah-walisongo/
dan masih banyak lagi tulisan2 serupa, yang bisa ditelusur sendiri di google dengan "kata kunci : Walisongo adalah utusan ottoman atau ketik kanzul hum".

II. LETAK HOAX
===============
~ A. Tidak ada kitabnya ibnu batutah yang bernama Kanzul Hum. demikian pula, tidak ada kitab rihlahnya ibnu batutah yang bernama Kanzul Hum.
kitab rihlahnya ibnu batutah namanya : Rihlah ibnu batutah tuhfatun-nudzor fii ghara'ibil amshor wa 'aja'ibil asfar (foto screnshot).
~ B. di kitab tuhfatun nudzor inipun ibnu batutah tidak menyebutkan satu patah katapun tentang walisongo, baik nama personilnya ataupun nama pengutusnya yakni sultan mehmed I dari kesultanan ottoman.
~ C. ibnu batutah wafat tahun 1367 atau 1376 M. sedangkan tulisan-tulisan Hoax tersebut menulis walisongo diberitakan oleh ibnu batutah dibentuk oleh sultan mehmed I pada tahun 1404 atau 1407 M.
Maka bagaimana bisa ibnu batutah yang sudah meninggal dunia tahun 1367 atau 1376 M menuliskan peristiwa pada tahun 1404 atau 1407 M!
~ D. Semua tulisan-tulisan Hoax diatas tersebut tidak ada satupun yang menampilkan wujudnya lembar kitab kanzul hum, yang katanya kitabnya ibnu batutah, yang tersimpan di museum istanbul turki tersebut.
● Catatan Penting : nama besar ibnu batutah tampaknya dicatut oleh pihak tertentu untuk menyesuaikan dan untuk membenarkan faham yang dianutnya dengan cara yang seolah-olah ilmiah.
Ponorogo Bumi Wengker
Ibliziyyulhaq Waskitajawi
29 Maret 2017 M

8 comments:

  1. isi sarat dengan makna menambah pengetahuan menguak tabir sejarah,,,

    ReplyDelete
  2. nahh, terus yg bener, beliau2 itu dari mana??

    ReplyDelete
  3. Jangan asal, hipotesis anda di artikel ini juga tidak bisa membuktikan, hipotesis anda tidak beda dg artikel lain yg anda debat, kata2 anda bukan jg bukti, & bukti bukan sekedar huruf B-U-K-T-I, daripada debat kusir, mari kita sama2 ke kampus UIN SA krn sy pernah mengkaji hal itu bersama temen2 majelis mengenai pertentangan itu, krn kedua2nya tdk bs mmbuktikan argumen masing2..

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. silahkan counter ke fb dengan akun
    ziyyulhaq atau
    ziyyulhaq wasqitajawi

    ReplyDelete